Haaloo :D
Yang biasa lihat blog ini pasti heran deh,
blog khusus buat tugas-tugas kuliah malah aku gunain buat share pengalaman
hehehe.. Dijamin deh informasi yang mau aku share ini bakal berguna buat kalian
yang membacanya :D
Kali ini aku mau nge-post tentang
pengalaman aku menghadapi PI.. kalian tahu kan apa itu PI? PI itu singkatan
dari Penelitian Ilmiah, dimana kalian bakal ngehadapi saat tingkat 3 *buat yang
jenjang strata 1*
Jadi, sewaktu kalian di akhir
semester tingkat 3, kalian bakal di suruh buat paper Penelitian Ilmiah untuk salah satu syarat
kelulusan Strata Satu :o
Dari awal semester 6 juga ada kok
mata kuliah yang membahas tentang itu. Nah, dari awal semester 6 juga kalian
bakal disuruh baca-baca jurnal atau penelitian buat “tahu” apa sih PI itu? Dulu
waktu awal semester 6 aku juga sama sekali blank tentang PI, apa sih PI itu?
Disuruh ngapain sih? Gimana cara mulainya?
Nah dari membaca-baca jurnal dan
penelitian yang ada, diharapkan kita bakal tahu apa dan bagaimana cara
ngehadapi PI.. yaah kalau soal petunjuk pembuatan PI, menurut aku sepertinya
setiap universitas atau jurusan punya ketentuan masing-masing.. jadi waktu di
zaman aku, Dosen Pembimbingnya ngasih petunjuk pembuatan PI, atau kalian juga bisa
inisiatif minta petunjuk pembuatan PI nya.. tapi ya secara garis besar,
kira-kira PI itu terdiri dari :
- Cover
- Lembar pengesahan
- Abstraksi
- Kata Pengantar
- Daftar isi
- Daftar table
- Daftar grafik *jika ada
- Bab I : pendahuluan (berisi latar belakang, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, metodologi penelitian)
- Bab II : Landasan teori (berisi tentang materi/ grand theory yang di gunain)
- Bab III : Metodologi penelitian (berisi penjelasan atau pengenalan objek penelitian, data/variable yang digunakan, metode pengumpulan data, dan alat analisis yang digunakan)
- Bab IV : Pembahasan (berisi tentang perhitungan dan pembahasan penelitian yang kita kerjakan serta diikutin dengan penjelasannya)
- Bab V : Penutup (berisi kesimpulan dan saran)
- Dafta pustaka
- Lampiran
Yang diatas itu kira-kira
penyusunan PI yang aku gunain, buat jenis font, ukuran font dan yang
lain-lainnya, biasanya di tentuin juga (aku juga tahu ketentuan itu dari
petunjuk pembuatan PI yang aku dapat). Btw aku Universitas Gunadarma Fakultas
Ekonomi Jurusan Akuntansi. Saran aku sih waktu membuat/mulai mengetik papernya,
kalian punya penelitian sejenis yang dijadikan acuan. Yah boleh juga
lihat-lihat PI yang lain buat referensi tambahan. Selain itu kalian juga pasti
dapat Dosen Pembimbing (DP) yang ditentuin dari Univ nya.. yah masukan juga nih
supaya lancar, ikutin aja “rule”-nya si dosen pembimbing hehe. Kalau ada yang
kurang di mengerti ya tanyain aja sewaktu “pertemuan” yang udah di schedule
kan. Biasanya sekali seminggu sesuai dengan deal nya DP dan mahasiswa.
Nah, sekarang di skip ya, langsung
ke saat ACC (accept) PI buat sidang. Saat kalian dibilang “Kamu saya acc” oleh
DP, perjalanan kalian masih panjang dari kata “selesai”. Sewaktu udah dapat
surat acc, itu tanda nya kalian sudah di perbolehkan untuk mendaftar sidang PI.
Untuk Univ Gunadarma, loket PI Fakultas Ekonomi dibuka hanya hari Selasa dan
Jumat, jam 10.00-11.30 lalu 13.00-14.00 *kalau ga salah ingat hehe x.x*
disarankan dari jam 9 atau jam 08.30 kalian udah datang, karna selalu rame yang
mau mengantri untuk daftar sidang. Atau kalau kalian mau datang jam 10 tepat
juga gpp sih, bebas hehehe.
Nah buat daftar sidang, ada
syarat-syarat berkas/dokumen yang harus di bawa. Syarat-syaratnya tertulis di
surat ACC yang diberikan oleh DP kok. Nih, saran lagi ya, semua dokumen yang
udah ada kalian sediakan di fotokopi aja buat jaga-jaga, karna nanti bakal ada
fotokopian yang diminta oleh orang loket PI nya. Oh iya.. kalian tau kan
loketnya berada dimana? Loketnya itu di kampus D Depok, di baak nya (samping
masjid). Semua mahasiswa/i yang berasal dari tangerang, kalimalang, salemba
daftar sidangnya ya di Kampus D Depok ini, jadinya ga heran banyak orang yang
mengantri buat daftar sidang dan keperluan yang lainnya. Untuk fakultas yang
lain aku ga tau kapan jadwal buka loket nya hehe.
Oke, lanjut ke topik. Saat udah
daftar, surat ACC yang tadi bakal di tulis tanggal sidang, jadwalnya, dan
tempat sidangnya di gedung mana.
Setelah dapat tanggal sidangnya,
saatnya buat prepare sidangnya. Yang dibutuhin sewaktu sidang itu yaitu :
- Paper PI kalian di jilid 4, 3 buat Dosen Penguji, 1 buat pegangan kalian. Di jilid 3 doang juga gpp, bebas hehe.
- Nah sewaktu aku sidang, media yang digunakan buat presentasi yaitu OHP. Jadi, yang dibutuhkan itu transparasi. Transparasi buat presentasi nya dibikin 5 lembar aja *minimal*. Lembar 1 (untuk judul PI, nama kamu, NPM, nama DP), lembar ke-2 (latar belakang), lembar ke-3 (untuk rumusan, batasan masalah dan tujuan), lembar ke-4 (untuk pembahasan, diringkas jadi satu ya), lembar ke-5 (kesimpulan dan saran). Yaaah buat transparasi nya boleh sih lebih dari 5 lembar, tapi jangan terlalu banyak, coz nanti juga di suruh skip sama Dosen Penguji nya kalau kebanyakan.
- Transparasi nya sih ga harus dalam bentuk power point, dalam bentuk ms.word juga bisa kok, dan lebih bagus kalau polos ya tanpa gambar dll.
Saran lagi nih, sewaktu presentasi,
lebih bagus kalau kamu gunain kata-kata kamu sendiri tapi tetap formal yaa,
jangan terpaku sama tulisan yang ada di transparasi. Kunci nya ya kuasai PI
kamu, teori dan yang lain-lainnya. Insya Allah kalau kamu kuasai PI kamu, pas
ada sesi pertanyaan atau di tanya mendadak, kamu pasti bisa ngejawab dan lancar
deh sidangnya hehehe..
Nah, pas sehabis giliran kalian
sidang, kalian bakal disuruh revisi sama dosen nya, diberi waktu untuk revisi
oleh dosennya. Saran aku, dengerin apa kata dosennya. Nah pas udah selesai
revisi, bawa hasil revisi ke dosennya. lalu kalau kalian lagi lucky, sekali
revisi langsung di ACC revisiannya :D yah tergantung tingkat/berapa revisi sih
yang harus di perbaiki. Kalau yang disuruh revisi nya dikit, yaa sekali ketemu
juga langsung di ACC revisi-annya. Saat udah ACC Perbaikan, kalian juga udah
mulai bisa tuh bikin HARD COVER PI kalian :p
Oke lanjut.. pas udah dapat surat
ACC PERBAIKAN dari si dosen penguji nya, kalian bawa surat ACC revisi tersebut
ke loket PI lagi (aku kan FE, jadi nya ke loket PI jurusan FE) buat minta
tandatangan cap lulus.
Hmmm, next step.
Saatnya upload dokumen yang waktu
kalian presentasiin (yang minimal 5 lembar itu lho). Sebelum itu, kalian harus
isi form.
Nah setelah isi form, kali ini
kalian harus upload dokumennya, harus dalam bentuk PPT (Power Point), kalian bisa
upload di Studentsite.gunadarma.ac.id lalu ke bagian Deposit Library.. nah
ketentuan template/design buat dokumen PPT untuk FE bisa di ambil di bagian
“download” di Deposit Library nya, untuk FE template nya yang warna orange yaa
:D
Sebelum kalian upload dokumen PPT
nya, kalian harus ubah dulu PPT itu ke bentuk .pdf *baca ketentuannya*.. isi
form untuk “Jenis Penulisan” nya yaitu Slide Presentasi, setelah di upload dan
muncul hasil upload annya, tentuin juga jenis dokumennya. Jenis dokumennya
yaitu Dokumen Presentasi.
Lalu, klik deh “Kirim Penulisan”.
Setelah klik kirim penulisan, otomatis kalian ke home, lalu klik “bukti
upload”, save bukti upload itu. Bukti
upload itu harus di print, dan di bawa ke loket Perpustakaan di Kampus D untuk
di tandatanganin juga, letaknya di kampus D gedung 3 tepat di depan bank DKI.
Penampakan loket perpustakaan
NAAAH, FINALLY! Minta tanda tangan
orang-orang penting yang tertulis di LEMBAR
PENGESAHAN PI kamu.. Kamu harus bawa SURAT
ACC PERBAIKAN YANG UDAH DI TANDA TANGAN + BUKTI UPLOAD YANG UDAH DI TANDA
TANGAN + HARD COVER PI KAMU. Semuanya kamu bawa ke loket PI sesuai jurusan
kamu, lalu tinggalin deh, tunggu di tanda tangan. Dan done ~ selesai ~
Eh, belum selesai deh.. masih ada lagi tahapan-tahapan yang harus di hadapi buat nyelesain "PI" ini.. masih harus upload ms,word nya, lalu minta lagi cap bukti dll.. tapi masih ini dulu yang aku ketahui tentang proses penyelesain PI ini.. aku nya sendiri sih masih mau minta cap dan tanda tangan buat surat ACC perbaikan.. jadinya kalau ada info lagi, bakal aku update deh hehe :D
Eh, belum selesai deh.. masih ada lagi tahapan-tahapan yang harus di hadapi buat nyelesain "PI" ini.. masih harus upload ms,word nya, lalu minta lagi cap bukti dll.. tapi masih ini dulu yang aku ketahui tentang proses penyelesain PI ini.. aku nya sendiri sih masih mau minta cap dan tanda tangan buat surat ACC perbaikan.. jadinya kalau ada info lagi, bakal aku update deh hehe :D
Nah itu aja informasi dan
pengalaman yang mau aku share, semoga bermanfaat ya ;) jangan lupa kasih
comment buat post an aku yang ini.. hehehe itu aja ;D thank you ~
makasih kak buat petunjuk PInya hehe
BalasHapusbermanfaat sekali ka! terimakasih atas infonya :) God bless!
BalasHapusmakasih infonya ka :)
BalasHapusCTRL + D ya kak :D
BalasHapusMakasih ka infonyaaaa, berguna bgt! Salam kenal yaaa:)
BalasHapusSangat membantu ka :) makasih infony ^^
BalasHapusmakasih kk infonya stef bye stefnya jelas doa'in iya bntr lagi aku PI semoga bisa langsung lulus aminnn
BalasHapusthanks kak ;D
BalasHapusnice info.. sangat membantu mahasiswa kelas malam hihi :)
BalasHapusTerimakasih kaaa atas infonyaa,sangat membantu sekali
BalasHapusTerimakasih kak, sangat membantu sekali :D
BalasHapuskeren infonya, rada rada ribet si baca tulisan nya hahaha intinya harus focus !thanks udah berbagi :))
BalasHapuskaak aku mahasiswa gundar jga kebetulan semester skg ada matkul tatap muka PI, aku boleh minta kontak kakak gaak buat sharing2? :(
BalasHapusthanks ya kak.kebetulan saya juga FE gunadarma akuntansi yg buta juga masalah PI.thanks udah sharing pengalamannya
BalasHapusthanks ya kak.kebetulan saya juga FE gunadarma akuntansi yg buta juga masalah PI.thanks udah sharing pengalamannya
BalasHapusTerima kasih banyak kak atas info Pi jurusan akuntansi.
BalasHapus